Home » Uncategorized » Pemeriksaan Caten Terpadu? Pernahkah Mendengar ?

Informasi Corona

informasi corona

Logo of the Ministry of Health of the Republic of Indonesia.png

Jam Pendaftaran

Senin - Kamis
jam 07.30 - 12.00

Jumat
jam 07.30 - 10.30

Sabtu
jam 07.30 - 11.00

Jam Pelayanan

Senin - Kamis
jam 08.00 - 14.30

Jumat
jam 08.00 - 11.30

Sabtu
jam 08.00 - 13.00

Jam Kunjung Pasien Rawat Inap

16.00 - 18.30 Wib

Kabupaten Sleman

Pemeriksaan Caten Terpadu? Pernahkah Mendengar ?

“WILL YOU MARRY ME???” pasti ini merupakan goal dari sebuah hubungan ya? Dan setiap kita pasti pernah atau Alur Pelayanan Catenakan mengucapkan bagi para kaum adam dan mendengar bagi kaum hawa?

Tapi temen-temen, ternyata pernyataan itu bukan sebuah akhir dari sebuah hubungan loh…tapi adalah awal dari sebuah hubungan yang memerlukan bagitu banyak persiapan, salah satunya adalah dengan pemeriksaan caten terpadu. Caten tau kan ya? Calon penganten. Jadi apa aja sih yang perlu disiapkan saat udah bilang “YES” tentunya yang berkaitan dengan kesehatan ya? Salah satunya adalah Surat pengantar dari Desa untuk periksa caten di Puskesmas (Untuk informasi saja ya teman-teman semua, antara KUA, Desa dan Puskesmas emang udah kerjasama untuk mempersiapkan penganten-penganten yang sehat secara fisik dan psikologis)

Terus di Puskesmas diapain ya? Kan nikah itu di KUA bukan di Puskesmas? Mungkin ada yang bertanya-tanya tentang hal itu? Baiklah, mari kita lihat apa saja yang dilakukan di Puskesmas. Jika temen-temen semua akan periksa Caten di Puskesmas secara terpadu,begini alurnya :
Panjang ya? Eits tapi jangan males dulu dong, sebelum tahu tujuan dari masing-masing pemeriksaan itu…

Kita lihat satu-satu ya

  1. Pendaftaran, disini temen-temen semua Cuma nunjukin aja kartu yang kita dapat dari Desa untuk ke periksa ke Puskesmas, jangan lupa sama kartu identitas. (Info lagi ya temen-temen kalo ke Puskesmas mau periksa caten jangan lupa bawa calonnya ya, jadi yang calonnya sibuk kerja atau susah punya waktu jauh-jauh hari udah dijadwalin gitu, kan kalo gak diluangin emang ga bakal nemu waktunya)
  2. Laboratorium, ini kenapa kesini gitu ya? Ini loh teman-teman disini itu bakal ada pemeriksaan untuk Hb (Hemoglobin) dan cek kehamilan (PP Test). Jadi kalian kan tau kalo persiapan kehamilan itu salah satunya HB yang bagus, makanya dicek dulu disini, begitupun PP Test kalo misalnya hasilnya positif pun kan ada pemeriksaan yang lain juga gitu
  3. Kasir, iya teman-teman BPJS untuk pemeriksaan caten ini gak berlaku jadi kita harus membayar sesuai dengan biaya yang ditetapkan.
  4. KIA, apa itu? Itu Poli Kesehatan Ibu dan Anak? Kira-kira mau diapain ya disini? Pemeriksaan terkait dengan kesehatan reproduksi akan dilakukan disini dan juga yang paling penting adalah suntik TT yang nanti akan dikasih kartu TT gitu.
  5. Gizi, disini kita bakal ketemu dengan konsultan gizi. Jadi akan diberikan konseling, ini kalo misalnya datengnya berdua kan enak bisa saling mengingatkan.
  6. Psikolog, ada juga pemeriksaan disini ya? Iya dong temen-temen, ini masuk juga ke pemeriksaan caten terpadu, maksudnya untuk mempersiapkan secara mental kehidupan kedepannya jadi biar tambah mateng aja sih persiapannya.
  7. BP Umum, disini kita bakal ketemu Dokter yang memeriksa sekaligus memberikan kartu yang kita butuhkan untuk diserahkan ke KUA

Setelah itu kita bisa langsung serahkan ke KUA surat yang kita dapatkan…jangan lupa ya temen-temen kalau mau ke Puskesmas bawa pasangannya dan yang belum berpasangan semoga lekas menemukan pasangan untuk bersama-sama periksa caten terpadu di Puskesmas.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Instagram puskesmas_minggir

Instagram logo 2016.svg

Informasi Jadwal Pendaftaran Baru

Selamat Datang di situs web Puskesmas Minggir

Semoga dengan adanya situs Web ini dapat bermanfaat dengan baik

Statistik Kunjungan