Home » Uncategorized » IMMUNISASI MEASLES DAN RUBELLA (MR)

Informasi Corona

informasi corona

Logo of the Ministry of Health of the Republic of Indonesia.png

Jam Pendaftaran

Senin - Kamis
jam 07.30 - 12.00

Jumat
jam 07.30 - 10.30

Sabtu
jam 07.30 - 11.00

Jam Pelayanan

Senin - Kamis
jam 08.00 - 14.30

Jumat
jam 08.00 - 11.30

Sabtu
jam 08.00 - 13.00

Jam Kunjung Pasien Rawat Inap

16.00 - 18.30 Wib

Kabupaten Sleman

IMMUNISASI MEASLES DAN RUBELLA (MR)

IMMUNISASI MEASLES DAN RUBELLA (MR)

Baru-baru ini masyarakat mendapatkan informasi atau penyuluhan tentang rencana pelaksanaan imunisasi Measles dan Rubella (MR) yang akan dilaksanakan di wilayah DIY mulai bulan Agustus 2017 ini. Imunisasi apa lagi ini? Begitu mungkin pertanyaan yang muncul di hati para orangtua terutama ibu-ibu. Dan apa manfaatnya?

Latar Belakang

Menjadi sehat adalah hak anak. Oleh sebab itu pemerintah juga menjaminnya melalui undang-undang. Dalam UU Kesehatan nomor 36 tahun 2009 pasal 130 disebutkan bahwa “pemerintah wajib memberikan immunisasi lengkap kepada setiap bayi dan anak.” Dan pasal 132 (3) berbunyi “Setiap anak berhak memperoleh immunisasi dasar sesuai dengan ketentuan yang berlaku untuk mencegah terjadinya penyakit yang dapat dihindari melalui imunisasi”.

Data tahun 2015 menunjukkan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dalam kelompok 10 negara dengan jumlah kasus campak terbanyak yakni 4.705 kasus. Dan berdasarkan distribusi usia, 77%-89%-nya adalah kelompok umur dibawah 15 tahun.

Campak (Measles) dan Rubella

Campak merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus campak yakni virus tipe Paramyxovirus.  Virus ini masuk ke dalam tubuh melalui saluran nafas bagian atas. Masa inkubasinya (masa mulai masuk virus sampai menimbulkan gejala) berkisar antara 10-12 hari.

Gejala awal dimulai dengan demam tinggi, batuk pilek, nyeri telan, mata merah, dan kadang disertai diare. Pada tahap selanjutnya pada hari 4-5 deman, timbul bercak kemerahan di kulit yang dimulai di bagian belakang telinga, kemudian ke wajah dan ke seluruh tubuh. Pada fase penyembuhan, bercak di kulit menjadi kehitaman dan akan hilang setelah 1-2 minggu.

Masa infeksius yang perlu diwaspadai adalah 1-2 hari sebelum timbul gejala sampai 4 hari setelah ruam menghilang.

Komplikasi yang mungkin timbul adalah: radang telinga tengah, radang paru, radang otot jantung (jarang), radang kelenjar getah bening, dan radang otak dan selaput otak.

Upaya pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan dengan mencuci tangan, menghindari kontak dengan penderita dan melakukan imunisasi.

Rubella merupakan penyakit yang disebabkan virus Rubella. Penyakit ini gejalanya mirip dengan penyakit Campak, tetapi lebih ringan. Cara penularannya melalui saluran nafas bagian atas dan peralatan makan dan minum. Masa inkubasinya antara 14-23 hari.

Gejala yang biasanya timbul berupa demam, sakit kepala, pilek, iritasi mata ringan, pembengkakan kelenjar getah bening di daerah leher belakang, kadang disertai nyeri sendi.

Masa infeksius 1 minggu sebelum sampai 1 minggu setelah ruam muncul.

Dampak Rubella apabila mengenai ibu hamil dapat mengganggu pertumbuhan janin yang disebut Congenital Rubella Syndrome (CRS) seperti katarak mata, ketulian, kebocoran jantung.

Jadwal Pelaksanaan

Tahapan pelaksanaannya sudah disusun, yang akan dimulai dengan kegiatan kampanye kepada seluruh stakeholder dan masyarakat melalui pertemuan advokasi, workshop, siaran televisi dan penyuluhan di masyarakat. Selanjutnya adalah penyiapan logistik dan tenaga pelaksana. Dan imunisasi akan dilaksanakan mulai bulan Agustus, di sekolah-sekolah, kemudian dilanjutkan di posyandu-posyandu.

Selanjutnya, imunisasi MR akan dimasukkan dalam daftar imunisasi rutin yang akan diterima setiap anak untuk mendapatkan perlindungan dari penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan immunisasi (PD3I).

Sehingga jadwal imunisasi anak akan menjadi:

Usia Anak Jenis Imunisasi
< 24 jam Hepatitis HB0
1 bulan BCG, IPV 1
2 bulan DPT-HB-Hib 1, IPV 2
3 bulan DPT-HB-Hib 2, IPV 3
4 bulan DPT-HB-Hib 3, IPV 4
9 bulan MR
18 bulan MR, DPT-HB-Hib
kelas 1 MR, DT
kelas 2 Td
kelas 3 Td

Mari kita sukseskan pelaksanaan imunisasi sehingga anak-anak kita menjadi generasi yang sehat dan kuat.

  • Disarikan dari materi kampanye imunisasi MR di DIY.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Instagram puskesmas_minggir

Instagram logo 2016.svg

Informasi Jadwal Pendaftaran Baru

Selamat Datang di situs web Puskesmas Minggir

Semoga dengan adanya situs Web ini dapat bermanfaat dengan baik

Statistik Kunjungan